23 Februari, 2008

BODYKIT



Bodykit adalah seperangkat modifikasi eksterior mobil yang terdiri dari Front Bumper, Rear Bumper, Sideskirt dan juga Spoiler. Bodykit merupakan alternatif pilihan bagi para pecinta otomotif khususnya mobil, yang menginginkan tampilan mobilnya berbeda dari kondisi original-nya. Bodykit dibuat sedemikian rupa, sehingga dapat meningkatkan daya eksotis atau tampilan sebuah mobil.
Dalam perkembangannya, telah banyak bermunculan pabrikan-pabrikan di luar negeri yang memproduksi bagian eksterior dari mobil-mobil yang ada. Sebut saja C-West, BuddyClub, Veilside, Garson, dan masih banyak lagi tuner-tuner lainnya yang meramaikan market dari bodykit ini.
Bodykit, pada umumnya dibuat dari bahan fiberglass, polyurethane dan juga carbon fibre. Untuk masalah kwalitas, bodykit dengan menggunakan bahan polyurethane lebih elastis dan lebih kuat dibandingkan dengan bodykit dengan bahan fiberglass. Namun, di Indonesia, bodykit dengan bahan dasar polyurethane jarang ditemukan di bengkel-bengkel home industries. Hal ini disebabkan karena mahalnya bahan baku dari polyurethane itu sendiri. Selain itu, proses pengerjaan dengan menggunakan polyurethane, sudah termasuk dalam kelas industri besar. So, dengan harga bahan baku yang mahal dan cost produksi yang tinggi, cukup sulit untuk bisa menjawab segment pasar di negeri kita ini.
Sedangkan bodykit dengan bahan baku fiberglass, bukan berarti berkwalitas rendah. Sifat dasar dari fiberglass itu sendiri adalah regas dan mudah retak, selain itu fiberglass sedikit lebih kaku dibandingkan dengan polyurethane. Dengan harga bahan baku yang relatif lebih rendah dibandingkan polyurethane, fiberglass menjadi suatu pilihan bagi home industries untuk memproduksi bodykit. Kwalitas bodykit ini sangat banyak ditentukan oleh SDM yang mengerjakannya.

Sebagai informasi, di kota Bandung, satu paket bodykit dengan bahan fiberglass dijual di range harga Rp. 6 juta s/d 10 juta. Model/design dan juga ukuran dari bodykit itu sendiri dapat mempengaruhi harga.
Pada saat ini, para pecinta modifikasi mobil lebih memilih design custom untuk konsep bodykit yang mereka inginkan. Hal ini salah satunya dimaksudkan untuk menghindari adanya kesamaan design/konsep antara modifikator satu dengan modifikator lainnya.


regards,

josef bee

www.h2obodywork.com

Tidak ada komentar: