23 Februari, 2008

AIR SUSPENSION

Air suspension merupakan suspensi udara yang dihasilkan dari kompresor atau pompa udara elektrik. Melalui air valve dan selang-selang udara, udara dengan tekanan tertentu yang di pompa oleh kompresor tersebut disalurkan ke tabung atau balon udara yang menjadi penyangga kaki-kaki kendaraan. Pada jenis kendaraan tertentu, teknologi ini telah diaplikasikan dari pabrikannya. Sebut saja : Mercedes Benz SL class, Lexus LS430 dan lain sebagainya. Suspensi ini menggantikan tipe konvensional sebelumnya yang hanya berupa per baja. Tujuan dari penggunaan air suspension ini adalah untuk memberikan kenyamanan dalam berkendaraan dan selain itu juga dapat memberikan optional bagi pemiliknya untuk melakukan leveling pada ground cleareance kendaraannya.

source : howstuffworks.com

Sesuai dengan perkembangannya, saat ini telah banyak bermunculan Air Suspension untuk aplikasi kustom. Apabila anda melihat kendaraan pada saat parkir begitu rendah ground cleareancenya, lalu tiba2 pada saat akan bergerak bertambah tinggi, dipastikan mobil tersebut mengaplikasikan custom air suspension. Air Supsension jenis ini di produksi untuk menjawab keinginan para modifikator untuk memasang air suspension pada kendaraan yang masih memakai suspensi konvensional. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar kendaraan modifikasi mereka, mendapatkan ground cleareance yang sangat rendah ( ceper abis ), tapi sekaligus juga aman pada saat dikemudikan. Banyak macam merk yang dapat digunakan untuk merubah suspensi konvensional menjadi air suspension, hal tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan juga kekuatan kocek anda.
Dibawah ini adalah gambar air suspension dari salah satu produk ( klik untuk zoom ) :


Sebagai informasi, harga paket air suspension berikut pemasangannya, kisarannya bisa di atas Rp. 25 jt. Pengadopsian alat ini biasanya di aplikasikan untuk mobil-mobil dengan gaya modifikasi Elegance/VIP dan juga Extreme. Untuk ajang kontes modifikasi, tentu saja unit ini mempunyai point yang cukup besar dalam kontribusi nilai. Do you want it ? ...

regards,

josef bee

www.h2obodywork.com

1 komentar:

Oldsmobile Factory Air Suspension mengatakan...

I got my unit modified by lowering its springs and it did a great job on the ride performance. Thanks to you after reading your blog, I got this close to being my own mechanic.