23 Januari, 2008

Modifikasi Mobil ( Eksterior part )

Pada umumnya, orang-orang yang mengendarai/memiliki mobil, sudah puas dengan spesifikasi original-nya ( bawaan pabrik-nya ). Tetapi, hal tersebut tidak berlaku bagi para penggemar modifikasi. Bagi kaum ini, tampilan standar kendaraannya terlalu tampak membosankan dan terlalu biasa. Adapun arah modifikasi mobil dapat dibagi menjadi :

- Daily Use
- Autoshow / Car Contest

Pada saat ini, saya mencoba untuk menguraikan tentang beberapa langkah modifikasi mobil dari sisi eksterior-nya.

1. Kosmetik
Pada bagian eksterior, dapat di-aplikasikan part-part kecil yang dapat menambah kesan estetis terhadap mobil kesayangan kita. Part-part itu bisa berupa : Eyelid, Ductail ( rear spoiler ), Roof Top, dll. Selain part tersebut, kita juga bisa merubah bentuk grille standar dengan grille custom yang bentuknya disesuaikan dengan selera kita.

2. Bodykit
Satu paket bodykit/add-on, bisa menjadi penunjang utama untuk menambah penampilan mobil kita menjadi lebih eye catching. Bodykit/add on ini terdiri dari : full/half front bumper & rear bumper plus sepasang sideskirt. Bentuk bodykit dapat disesuaikan dengan selera atau konsep modifikasi yang akan kita ambil.

3. Warna / Painting
Warna atau painting pada mobil adalah salah satu unsur penting dari sisi eksterior. Pada perkembangannya saat ini, jenis dan ragam warna untuk cat mobil sangat bermacam-macam. Mulai dari jenis warna solid sampai dengan jenis chrome. Untuk memilih permainan warna, diharapkan tidak terlalu menyimpang dari arah konsep modifikasinya itu sendiri. Sedangkan untuk jenis, itu bisa disesuaikan dengan selera dan juga isi kantong anda.

4. Wheels ( Velg )
Dalam upaya pemakaian velg, diusahakan untuk disesuaikan dengan arah modifikasi-nya. Apabila arah yang diambil adalah daily use, maka jangan melakukan penggantian velg yang terlalu ekstrem, misal : Honda Jazz memakai velg dengan Ring 20" dan lebar 10,5. Konsekuensinya, hal tersebut akan memerlukan perubahan-perubahan pada bagian lain-nya, baik itu bagian kaki-kaki maupun bagian fender. Selain itu, penggunaan velg-velg ekstrem akan mengurangi kenyamanan disaat melakukan perjalan panjang.

5. WideBody
Widebody diperlukan apabila kita tetap berkeinginan untuk mengganti velg dengan velg yang ukurannya melebihi kapasitas standar mobilnya. Hal tersebut dilakukan untuk menyiasati ruang perputaran ban agar lebih aman setelah dijejali velg dengan ukuran besar. Dibalik itu, pengaplikasian widebody yang tepat, juga dapat menambah kesan estetis pada mobil itu sendiri.





Sincerely,

Yosef Bee

VISIT US at :
www.h2obodywork.com


Tidak ada komentar: